-->

4 Kesalahan Mendasar Yang Sering Dilakukan Blogger Pemula

Kesalahan yang dilakukan blogger pemula sangat wajar, ini bisa saja kita alami dalam hal apa saja ketika kita belum tahu ilmunya. Saya sendiri pernah melakukannya pada saat baru mulai belajar membuat blog. Walaupun saat ini saya belum menjadi seorang blogger yang profesional saya akan berbagi tips agar teman-teman yang baru belajar membuat blog tidak melakukan kesalahan yang sama seperti saya.
Membuat blog sebenarnya sangat mudah. Tapi,, untuk membuat blog yang profesional bukanlah hal yang mudah. Butuh waktu dan perjuangan yang harus kita lakukan. tidak semudah kita membalikkan telapak tangan.
Oke,,tidak usah lama-lama berikut ini kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula:

kesalahan blogger pemula

1. Template dan widget
Ada apa dengan template dan widget? Ini kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula. Menggunakan tempalate dengan tampilan yang bagus tetapi tidak seo friendly.

Ada 3 hal yang harus kita perhatikan dalam memilih template.
Responsive: Template yang responsive bisa menyesuaikan tampilannya sesuai dengan perangkat yang kita gunakan. Misalnya kita buka dengan ponsel maka template ini akan menyesuaikan ukuran perangkat sehinnga kita tidak perlu zoom terhadap gambar atau artikel yang ada di postingan.
User Friednly: Template lebih kelihatan rapi dan bersih sehinnga pengunjung akan betah di blog kita. Selain itu google juga sangat menyukai template yang user friendly.
Fast Loading : Mengapa harus fast loading? Jika anda mengunjungi sebuah blog lebih suka yang cepat atau yang loadingnya lama. Jika anda lebih suka mengunjungi yang loadingnya cepat maka ini adalah alasan mengapa kita harus menggunakan template yang Fast loading.

Memasang widget yang berlebihan sehingga loading menjadi berat. Widget yang tidak terlalu penting seperti tanggal atau kalender sebaiknya tidak kita pasang karena hanya memberatkan loading blog.

2. Berambisi mendapatkan uang dari blog
Banyak dari blogger pemula yang ingin menjadi publhiser google adsense.
Apakah ini salah?
Sebenarnya tidak, tapi untuk menjadi publhiser google adsense bukanlah hal yang instant. Mendatangkan trafik yang banyak menurut saya lebih penting.
Kenapa?
Coba anda pikirkan seandainya anda diterima menjadi publisher google adsense dengan jumlah pengunjung rata-rata per 50 hari. Saya rasa tidak banyak membantu untuk kita mendapatkan uang dari blog.
Namun aplbila minshet kita rubah, kita coba mendatangkan trafik yang banyak lalu kita menjual suatu produk saya yakin penghasilannya akan lebih besar dari pada kita menjadi publisher google adsense.
Contohnya begini, pengunjung blog sudah 1000 uv/hari lalu kita menjual produk kita dengan asumsi pembelinya 1% dari jumlah pengunjung. Dari 1% pengunjung alias hanya 10 orang saja kita bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari pada kita menjadi publhiser google adsense.
Kok Bisa, apa produk yang kita jual?
Ini sangat mungkin terjadi sebagai contoh anda menjual template dengan harga Rp.50.000. Dan yang membeli template anda 10 orang per hari. Berarti Rp. 50.000 x 10 =Rp.500.000/hari. Maka dalam waktu satu bulan anda bisa mendapat uang sekitar Rp. 15.000.000.
Jika anda masih tidak percaya silahkan tanya temen-temen blogger yang sudah diterima menjadi publhiser google adsense yang memiliki pengunjung 1000/hari berapa penghasilan mereka dari google adsense.

3.Posting artikel tiap hari
Harapan posting tiap hari adalah mendatangkan trafik yang besar, namun ternyata ini salah. Awalnya saya melakukannya namun ternyata blog tidak kunjung mendapatkan visitor yang banyak. Tetapi ketika saya jarang posting artikel pengunjung blog malah meningkat. Artinya ketika posting tiap hari tidak menjamin kalau blog kita akan meningkat pengunjungnya. Konten dari artikel sangat penting. Lebih baik kita posting artikel 1 minggu atau 2 minggu sekali dengan artikel yang berkualitas tinggi dari pada kita posting tiap hari namun kualitas artikelnya biasa saja.
Blog dengan artikel yang memiliki kualitas tinggi akan dinanti banyak orang. Bahkan pengunjung bisa balik lagi dan mungkin ikut share ke temen-temennya sehingga secara otomatis pengunjung blog kita juga meningkat.

4. Tidak jadi diri sendiri
Orang yang baru belajar membuat blog terkadang isi artikelnya hanya hasil copas dari blog orang lain. Tentu ini sangat merugikan penulis pertamanya. Menjadi diri sendiri sangat penting kita bisa membuat artikel sesuai dengan apa yang kita tahu. Awali menulis sesuai dengan kemampuan kita akan lebih baik dari pada harus mengikuti gaya bahasa orang lain . Gaya bahasa kita dalam menulis artikel akan menjadi ciri khas blog kita dan memberikan warna yang berbeda dalam dunia blogger.

Sebenarnya masih banyak kesalahan yang dilakukan blogger pemula, namun menurut saya 4 kesalahan di atas merupakan hal yang mendasar dan sering dilakukan. Jika anda punya pendapat lain silahkan share di kolom komentar.

Komentar (5)

  1. setuju sekali mas yudi...ketidak sabaran juga menjadi faktor.
    saya masih ingat thn 2007 blog masih belum seramai ini..butuh waktu 6 bulan hanya untuk memperoleh PR3 dan bisa menghasilkan $ yang lumayan..
    sekarang harus kembali mulai dari awal dengan kompetisi yang makin ketat dengan blogger blogger baru..

    salam
    pesugihan cyber
    www.elmu.web.id

    ReplyDelete
  2. setuju sekali mas yudi...ketidak sabaran juga menjadi faktor.
    saya masih ingat thn 2007 blog masih belum seramai ini..butuh waktu 6 bulan hanya untuk memperoleh PR3 dan bisa menghasilkan $ yang lumayan..
    sekarang harus kembali mulai dari awal dengan kompetisi yang makin ketat dengan blogger blogger baru..

    salam
    pesugihan cyber
    www.elmu.web.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih telah berkunjung mas,,,
      Semangaaat,,,

      Delete
  3. Saya setuju dengan isi artikel ini, saya pun dulu melakukannya tepatnya point ke-4 hikz, alhasil kecewa sendiri jadinya.

    Tolong sudi mampir ya gan ke Blog ku
    mugianto[dot]web[dot]id

    Makasih atas masukannya yang lain Admin.
    Salam
    Mugianto

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih telah berkunjung ke blog saya yang masih amburadul masih jauh dari kata sempurna.

      Artikel ini saya buat hanya sekedar untuk mengingatkan pribadi saya sendiri yang masih banyak belajar tentang membuat blog yang benar.

      Tapi saya sangat bangga ada seorang mastah seperti mas mugi, sudi mampir ke blog saya.

      Delete